Minggu, 13 Februari 2011

Pahlawan Tentara Hacker Indonesia

Saatnya Mendirikan Tentara Hacker Indonesia


Akan lahir jenderal-jenderal hacker di Indonesia
Serangan Hacker Merah Putih pada 31 Agustus 2010 lalu menginspirasi saya untuk mengusulkan kepada pemerintah Republik Indonesia supaya membentuk apa yang saya sebut Tentara Hacker Indonesia (THI). Pertimbangannya jelas, ke depan ini kemajuan teknologi informasi menjadi salah satu pilar utama kekuatan sebuah negara. Lemah di bidang ini, kedaulatan negara dan kepentingan ekonomi nasional menjadi taruhannya dalam cyber war.
Saya yakin, Pemerintah RI sudah mengantisipasi hal ini, dan mungkin sudah membentuk semacam unit cyber war atau apa untuk mengantisipasi berbagai ancaman terkait penggunaan teknologi informasi. Jadi, biarlah itu diurusi oleh pemerintah.
Nah, ide saya sebenarnya lebih saya tujukan kepada komunitas-komunitas hacker atau hacker individual yang tertantang untuk memaksimalkan potensinya. Lebih khusus lagi tertantang untuk ambil bagian dalam perang cyber melawan malaysia misalnya (atau negara-negara lain yang berpotensi menganggu kedaulatan RI).
Yang saya bayangkan, individu-individu hacker Merah Putih ini mulai memikirkan untuk membentuk tim atau kelompok. Ya dari semula lone ranger lalu menjadi semacam grup, unit, kelompok-kelompok hacker. Untuk kepentingan pengorganisasian, tentunya perlu ada pemimpin dalam masing-masing kelompok tersebut.
Kelompok, unit, atau grup itu bisa dibentuk berdasarkan wilayah, misalnya dari Aceh ada Aceh Hacker Team, dari Yogyakarta ada Yogyakarta Hacker Team, dari Timika ada Timika Hacker Team, dll. Bahkan, bila perlu ada kelompok-kelompok hacker berdasarkan basis desa, kecamatan, baru kabupaten atau kota. Masing-masing kelompok ini bisa membentuk suatu struktur komando teritorial ala struktur TNI yang lama; mulai dari korem, kodim, dst, sehingga masing-masing wilayah memiliki semacam “struktur organisasi & komando”.
Saya juga usulkan supaya ada jenjang kepangkatan buat struktur organisasi Tentara Hacker Indonesia ini. Ada kelas tamtama, bintara, dan perwira. Bagaimana mengukurnya? Ya, kayak jamannya Jenderal Naga Bonar saja deh, dihitung berdasarkan jumlah pasukan yang dibawa hehehe… (makanya penting banget membentuk kelompok/komunitas hacker). Serahkan saja pada proses, mungkin pangkat tertinggi baru di level kolonel. Tapi kan kolonel juga kalau pegang pasukan juga bisa kudeta, kan hehehe….
Entah organisasi hacker sebagai cikal-bakal THI ini berbentuk asosiasi semata atau organisasi yang ketat, biarkan proses alamiah yang membentuknya. Yang penting pemikiran untuk mempersatukan hacker itu harus mulai ada dan dicoba untuk mewadahinya.
Anggap saja THI ini mirip milisi-milisi di jaman perang kemerdekaan RI dulu. Yang penting kesatuannya sudah ada, persenjataan ada (hacking skill), komandannya sudah ada, sehingga bila sewaktu-waktu ada seruan perang cyber (melawan malaysia misalnya), mereka sudah siap dikirim ke medan perang.
Saya yakin jika ide ini terus digulirkan dan didiskusikan, bukan mustahil suatu hari nanti akan muncul jenderal-jenderal hacker yang pamornya tak kalah dengan jenderal-jenderal besar Republik Indonesia. Jadi ayo…. sambil terus bergerilya menggasak situs-situs malaysia, pikirkan persatuan dan kesatuan untuk membentuk Tentara Hacker Indonesia, tentara masa depan Indonesia. Merdeka!!!(tj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar